perawatan-mobil-honda

Merawat Mesin Mobil Ala Honda Bandung Centrum

Merawat Mesin Mobil Ala Honda Bandung Centrum

Merawat Mesin Mobil Ala Honda Bandung Centrum | Dealer Honda Bandung –  Merawat mesin mobil itu sebenarnya cukup mudah. Merawat mesin mobil wajib dilakukan secara rutin dan di wajikan berkala. Sebab menurut riset para ahli, ternyata ada suzatu zat cari pada mobil yang harus selalu dicek.

Merawat Mesin Mobil Ala Honda Bandung Centrum

Sebagai pengendara tentunya ingin mobilnya awet dan bisa digunakan dalam jangka panjang dan waktu yang lama. Hal itu agar memastikan mobil selalu bernilai tinggi dan nyaman untuk dikendarai dalam kegiata sehari hari. Maka para pengguna mobil harus tahu bagaimana cara merawat mesin mobil yang baik dan benar.

Baca Juga : Honda Bandung Brio Rs

Selain itu, perawatan juga harus senantiasa dilakukan secara rutin, baik secara pribadi atau dengan servis berkala ke bengkel resmi.

Lalu seperti apa cara merawat mesin mobil anda dan apa yang harus di lakukan? Anda tak perlu khawatir dan bingung. Karena perawatan mobil bisa dilakukan sendiri di rumah denga panduan berikut ini.

Panduan Cara Merawat Mesin Mobil
Mesin menjadi adalah komponen utama pada sebuah mobil. Dengan begitu merawat mesin tentunya menjadi kewajiban untuk pemilik mobil. Perawatan mesin yang apik sama saja memperpanjang usia mobil anda.

Nah untuk itu, sebaiknya para pecinta otomotif bisa mempelajari cara merawat mesin mobil agar kendaraan kesayangan sobat ini bisa terawat dengan baik. Dengan begitu, ALhasil kamu bisa melakukannya dengan cara berikut di bawah ini.

Ganti Oli Secara Berkala

Salah satu perawatan mobil sobat yang paling penting adalah mengganti oli secara berkala. Penggantian oli normalnya biasa dilakukan dengan jarak 3000 sampai dengan 5000 km. Hal ini bergantung jenis oli yang dipakai dan penggunaann pada kendaraan sobat yang akan mempengaruhi kondisi mesin mobil.

Penggantian oli sangatlah penting sekali dilakukan khususnya bila mobil sering dipakai terus-menerus apalagi sering sering lakukan perjalanan jauh.Nah perlu sobat ketaui,Fungsi oli berperan menahan gesekan saat mesin mobil bekerja atau laju. Oli yang berkualitas akan menjaga kondisi mobil sobat selalu stabil dan optimal.

Perawatan Aki Mobil

Komponen penting di dalam sebuah kendaraan adalah aki atau Accu. Oleh sebab itu, cara merawat mesin mobil sobat hal yang harus dilakukan adalah selalu menjaga aki supaya awet dan tahan lama.

Caranya sangat mudah untuk sobat ketahui, Sobat cukup memastikan air aki di dalam level yang seharusnya atau standart bawaanya, berada di antara garis batas penanda. Selain itu sobat juga dapat melakukanya dengan pengecekan aki dengan mengukur tegangan aki lewat voltmeter.

Isi Penuh Bahan Bakar Mobil

Cara merawat mesin mobil sobat selanjutnya adalah dengan mengisi bahan bakar selalu penuh. Nah sobat yang ganteng dan cantik tinggalkan kebiasaan mengisi bahan bakar dengan tidak penuh,Karena hal ini bisa membuat kotoran dan kerak menempel di atas tangki bahan bakar mobil sobat.

Jadi, Untuk para sobat yang unyu unyu tidak ada salahnya mengisi tangki bahan bakar selalu penuh. Hal itu agar kondisi bagian atas selalu bersih dan bebas dari kerak dan kotoran. Sebab,Bila kerak pada tangki bahan bakar terbawa ke saluran pembakaran bisa membahayakan.

Sangatlah disarankan bagi sobat pecinta otomotif menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi. Pada umumnya pabrik selalu merekomendasikan bahan bakar yang beroktan tinggi dan bebas timbal. Bahan bakar dengan kandungan timbal bisa membuat penyumbatan dan mesin mobil sobat tidak efektif bekerja.

Pemeriksa Kabel dan Lampu

Dalam cara merawat mesin mobil sobat yang baik, Sobat tidak hnaya terpaku pada komponen mesin saja. Tetapi sobat juga harus memeriksa kabel dan lampu mobil secara rutin jangn samapai lupa.

Sesekali sobat akan menemukan kabel yang kendur atau terputus. Atau mungkin lampu mobil mulai redup. Nah supaya tidak bermasalah pastikan semua kabel dan lampu mobil sobat selalu dalam kondisi normal.

Pastikan Kopling Mobil Normal
Tips yang satu ini hanya berlaku bila kondisi mobil sobat transmisi manual. Bila kampas kopling sudah aus, Menimbulkan perpindahan gigi terasa semakin berat dan ini akan mengganggu sobat dalam kenyamanan berkendara. Salah satunya persneling yang sulit dipindah menjadi salah satu indikasi bahwa kampas kopling mulai aus.

Starter Mobil

Cek starter mobil sobay rupanya masuk ke dalam hal yang cukup penting dalam cara merawat mesin mobil dengan baik. Dengan melakukan pengecekan pada starter mobil sobat, Sobat semuanya akan mengetahui kondisi mesin mobil.

Jika mesin mobil sobat sulit dihidupkan, maka kemungkinan terjadi kerusakan pada starter mobil sobat. Hal ini bisa disebabkan suplai bahan bakar atau udara minus atau berkurang di dalam mobil.

Oleh karena itu, sobat dapat mencoba memeriksa filternya yang ada pada mobil sobat. Caranya dengan mencabut filter lalu membersihkannya menggunakan sikat gigi atau kuas.

Tune Up Mobil Secara Rutin

Melakukan tune up secara rutin di bengkel mobil kesayanagna sobat merupakan salah satu hal yang cukup terpenting dalam cara merawat mesin mobil sobat. Namun perlu sobat ketahui, untuk yang satu ini sobat tidak bisa melakukannya sendiri. Sebaiknya minta bantuan yang ahli mekanik atau bawa ke bengkel. Dengan melakukan tune up bisa membuat mesin mobil awet dan bekerja dengan optimal.

Ketika proses tune up pada mobil sobat, komponen vital yang ada di dalam mesin mobil sobat akan diperiksa secara menyeluruh. Ketika terjadi kerusakan atau masalah lain maka bengkel akan memperbaiki masalah mobil sobat sehingga mobil akan kembali normal.

Itulah salah satu cara merawat mesin mobil yang baik dan benar yang bisa sobat lakukan. Akan tetapi bila mesin masih susah dihidupkan, maka jalan satu-satunya hanya membawa mobil sobat ke bengkel terdekat.
Nah,Itulah sekilah tentang bagaimana cara merawat mobil ala Honda Banadung Centrum,Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now
whatsApp